35 Tahun Program Studi Ilmu Lingkungan UI Berkiprah Hasilkan Ahli Lingkungan Indonesia

Thursday, September 08 th, 2016 ·

day3hcd_prof_emilInfokampus.news – Dalam rangka 35 tahun berkiprah mengembangkan keilmuan lingkungan, Program Studi Ilmu Lingkungan Universitas Indonesia (PSIL UI) menggelar Homecoming Day PSIL UI 2016 yang pelaksanaan berlangsung selama tiga hari pada 29 – 31 Agustus 2016 di kompleks Balairung UI kampus Depok. Acara Homecoming Day PSIL UI akan dimeriahkan dengan kegiatan Perlombaan Inovasi Lingkungan bagi siswa SD hingga SMA se-Jabodetabek, Workshop Pendidikan Lingkungan, Temu Ilmiah Lingkungan dan Green Exhibition.

Sebagai puncak acara Homecoming Day PSIL UI 2016, sejumlah tokoh yang telah berkontribusi besar pada pengembangan ilmu Lingkungan menerima penghargaan Saguna Ila Lestari (SIL). Mereka adalah Prof. Emil Salim, MA., Ph.D ; Prof. Dr. dr. Farid Anfasa Moeloek, Sp.OG ; (Keluarga) Prof. Dr. Ir. Mohamad Soerjani, M.Sc dan (Keluarga) Prof. Dr. Retno Soetaryono, SH, MSi. Penghargaan ini dilakukan untuk mengapresiasi para tokoh ilmu lingkungan yang telah berjasa dalam memajukan ilmu lingkungan di Indonesia. Diharapkan melalui penganugerahan ini dapat mendorong kemajuan ilmu lingkungan khususnya mengenai kajian tentang kenyataan dan upaya yang harus dilakukan manusia untuk mengelola lingkungan hidup agar mendukung peningkatan kesejahteraan umum manusia dan makhluk hidup lainnya.

Pada hari pertama dan kedua digelar rangkaian Perlombaan Inovasi Lingkungan yang terdiri atas Lomba menggambar Tingkat SD se-Jabodetabek ; Lomba Cerdas Cermat tingkat SD se-Jabodetabek ; Lomba Karya Tulis Ilmiah SMP & SMA Tingkat Nasional dan Green Campus Concept Competition se-UI. Pada lomba karya tulis ilmiah mengangkat tema “Inovasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dalam Mendukung Pembangunan Berkelanjuntan” dengan pilihan sub tema diantaranya Kearifan Lokal ; Kebijakan Publik ; Ketahanan Pangan dan Energi ; Kesehatan Lingkungan ; Pengelolaan Limbah. Sedangkan pada kompetisi Green Campus Concept, PSIL UI berupaya untuk menjaring ide-ide segar akan konsep pengelolaan kampus ideal yang mengedepankan prinsip-prinsip pengelolaan lingkungan seperti pendekatan green building ; efisiensi energi dan sumber daya ; pengelolaan sampah.

Lebih lanjut, di hari yang sama (29/8) diadakan pula Workshop Pendidikan Lingkungan dengan tema “Penguatan Pendidikan Lingkungan”. Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan pemahaman para guru terhadap konsep pendidikan lingkungan hidup. Saat ini pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar dan menengah telah dituangkan dalam sistem kurikulum ke dalam semua mata pelajaran. Perhatian terhadap langkah-langkah pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada satu atau dua tahun terakhir ini semakin meningkat, baik untuk pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah. Diharapkan upaya ini semakin memantapkan perkembangan pendidikan lingkungan dan semakin memasyarakatkan pendidikan lingkungan hidup secara konsisten.

Sedangkan pada rangkaian kegiatan hari kedua (30/8) akan digelar Temu Ilmiah Lingkungan dengan tema “Peran Ahli Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan Indonesia.” Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi forum diskusi ilmiah dan sarana dialog antar sesama pakar dan profesional lingkungan sehingga dapat meningkatkan peran serta ahli lingkungan dalam pembangunan berkelanjutan di Indonesia. Penyelenggaraan kegiatan ini dilatarbelakangi penggunaan dan eksploitasi sumberdaya dan lahan dilakukan tanpa memperhitungkan biaya lingkungan yang dikeluarkan dan waktu yang dibutuhkan untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi. Kondisi ini mengindikasikan bahwa praktek penyelenggaraan pembangunan nasional dan daerah di Indonesia masih memerlukan upaya-upaya dan inovasi yang tepat agar dapat dijamin keberlanjutannya.

PSIL UI lahir sebagai pertimbangan akan kebutuhan terhadap ahli di bidang lingkungan. Rumitnya masalah lingkungan dalam pembangunan nasional dan daerah membutuhkan penanganan yang komprehensif, terpadu dan melibatkan banyak bidang ilmu. Beragam pengetahuan ini membutuhkan disiplin ilmu yang mencakup bidang-bidang yang sudah ada sekaligus menawarkan wawasan baru. Untuk itu dengan adanya Ilmu lingkungan maka dapat mengkaji dan menangani beragam masalah besar seputar lingkungan. PSIL berdiri sejak 25 Agustus 1982. PSIL UI merupakan program studi pertama di Indonesia yang mengusung nama Ilmu Lingkungan, dan secara akademik mengusung kaedah keilmuan multidispilin dan interdisiplin. Peserta mahasiswa PSIL dari tahun ke tahun bertumbuh pesat dan saat ini student body PSIL mencapai 200 mahasiswa, terdiri atas mahasiswa program magister dan doktor. Hingga Februari 2016, PSIL telah melahirkan 862 orang lulusan S2 dan 113 orang lulusan S3. Kontribusi yang telah diberikan merupakan sebuah komitmen yang perlu dipertahankan dan disebarluaskan agar semakin banyak ahli lingkungan yang turut serta dalam mendukung perwujudan pembangunan nasional dan daerah berkelanjutan di Indonesia. (cska)

Sumber: www.infokampus.news