Homecoming Day 35 Tahun

Friday, August 19 th, 2016 ·

Homecoming Day PSIL UI 35 TahunProgram Studi Ilmu Lingkungan berdiri sejak 25 Agustus 1982 dengan diawali dengan dibentuknya Pusat Studi Lingkungan (PSL) pada 1 Agustus 1979. Hingga Februari 2016 Program Studi Ilmu Lingkungan (PSIL) sudah melahirkan 862 orang lulusan S2 dan 113 orang lulusan S3, hampir 1000 lulusan ini berkiprah di berbagai bidang dan sektor pembangunan nasional dan daerah.  Dalam rangka mengukuhkan komitmen Program Studi Ilmu Lingkungan (PSIL), kami memanggil para alumni, keluarga besar civitas Universitas Indonesia, swasta, pemerintah, guru, mahasiswa, dan pelajar dalam acara Homecoming Day (HCD) dalam rangka 35 Tahun PSIL. Kontribusi yang telah diberikan merupakan sebuah komitmen yang perlu dipertahankan dan disebarluaskan agar semakin banyak pakar dan profesional lingkungan yang turut serta dalam mendukung perwujudan pembangunan nasional dan daerah di Indonesia.

Program Studi Ilmu Lingkungan menyelenggarakan Temu Ilmiah yang melibatkan para alumni, mahasiswa aktif, dan para pemerhati dan pakar lingkungan. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberi sumbangsih pemikiran bagi pembangunan berkelanjutan di seluruh wilayah di Indonesia.

Sebagai pengejawantahan kepedulian  terhadap lingkungan sekitar dan terutama pada pengembangan kepedulian terhadap lingkungan di kalangan pelajar dan guru, PSIL menyelenggarakan kegiatan pendidikan lingkungan yang melibatkan siswa-siswa SD, SMP, SMA dan guru-guru. Para peserta kegiatan bertema Next Generation is Green Generation ini meliputi sekolah-sekolah SD se-Jabodetabek dan SMP/SMA di tingkat nasional.

Program Studi Ilmu Lingkungan juga menyelenggarakan pameran Green Exhibition dengan tema “Creative and Innovative for Better Environment”. Kegiatan ini akan melibatkan alumni, mahasiswa, sekolah, pemerintah, dan pelaku industri kreatif. Bazar ini bertujuan untuk mendorong pengembangan ekonomi kreatif yang ramah lingkungan melalui produk yang kreatif dan inovatif untuk mewujudkan lingkungan yang lebih baik serta tercapainya pembangunan berkelanjutan.

Kegiatan Green Exhibition ini terdiri atas:

  1. Workshop Pengembangan Ekonomi Kreatif dalam Pembangunan Berkelanjutan Kegiatan ini berbentuk talkshow interaktif dengan mengundang 20 orang perwakilan asosiasi industri kreatif, perguruan tinggi, dan pemerintahan yang terlibat dalam pengembangan industri kreatif di Indonesia. Workshop ini akan mengadirkan Kepala Badan Ekonomi Kreatif.
  2. Pameran dan Bazaar Sesuai dengan tema yang diusung, pameran dan bazaar ini akan menampilkan produk ekonomi kreatif yang bernilai seni tinggi dan ramah lingkungan. Dekorasi booth menggunakan bahan ramah lingkungan dengan konsep Reduce, Reuse, dan Recycle.  Pameran dan Bazaar ini akan diselenggarakan selama 3 (tiga) hari pada tanggal 29-31 Agustus 2016 di Gedung Annex Kampus Universitas Indonesia, DepokJawa Barat.

Oleh sebab itu, dalam rangkaian kegiatan ulang tahun yang ke-35 dan semangat Together for Better EnvironmentPSIL akan memeriahkan dengan berbagai acara peduli lingkungan. Acara HCD akan diisi dengan Environmental Education Workshop, Temu Ilmiah, Perlombaan untuk setiap jenjang pendidikan dari Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas , Green Exhibition dan Acara Puncak yang diadakan pada 29-31 Agustus 2016 di Kampus UI depok (Gedung Annex-Balairung UI).

Sumber: wezia.berkademi via UI Update